Saturday 31 October 2009

Menginap Gratis Dimana Saja

KasKusRadio - Indonesian Radio


Di jaman internet ini, bumi seperti mengecil. Orang di seluruh dunia dibawa lebih dekat berkat internet. CouchSurfing adalah salah satu proyek yang membawa penduduk bumi lebih dekat satu sama lain. Proyek ini membuka kesempatan bagi anggotanya untuk jadi tuan rumah dan jadi tamu di rumah masing-masing ketika mengunjungi negara anggota lain. Seperti dikutip dari tujuan proyeknya: "CouchSurfing menghubungkan orang dan wilayah, menciptakan pertukaran yang bernilai pendidikan, meningkatkan kesadaran bersama, menyebarkan toleransi dan mendukung pengertian kebudayaan." Kedengaran serius dan rumit, tapi intinya CouchSurfing ingin menyatukan dan menciptakan pertemanan antara anggotanya di seluruh dunia.


Cara kerja CouchSurfing sederhana, kamu cukup mendaftarkan diri dan mengisi semua informasi yang mereka minta. Bila kamu akan berkunjung ke suatu tempat, kamu bisa mencari anggota lain yang bersedia menjadi tuan rumah untukmu dan sebaliknya kamu bakal dihubungi oleh anggota lain yang ingin "berkunjung" ke rumahmu.

Jadi di situs ini berkumpul orang2 yang mau menyediakan tempat bagi para backpaker (surfer) yang akan mengunjungi suatu tempat dan bagi yang sedang mencari tempat menginap(Couch). Kamu bisa melihat profil calon host yang akan anda kunjungi, mulai dari track recordnya dalam menerima tamu,personilitynya, apakah dia merokok atau tidak, dimanakah anda akan di tempatkan, apakaah di private bed room, atau berbagi ruangan dengannya. Si calon Host juga bisa melihat dulu profil si calon tamunya.

Bahkan banyak juga yang akhirnya travelling karena ingin mengunjungi orang yang dulu pernah menginap di rumahnya. Dengan sistem referensi, kita bisa melihat bagaimana track record calon host atau calon pengunjung kita terlebih dahulu sehingga kemungkinan terjadinya hal2 yang tidak diinginkan dapat diperkecil.

Bagaimana? Tertarik untuk bergabung walaupun sekedar untuk menambah teman? Apalagi di negara kita yang besar, Couchsurfing ini juga bisa berguna bila mengunjungi daerah lain. Jadi jangan takut kalau anda sedang bertravelling di luar negeri dan uang lag seret buat nginap,tinggal search teman couchsufing yang sudah tersebar di barbagai pelosok dunia ini, anda juga bisa memilih kriteria orang yang mau anda kunjungi.

Di Couchsurfing bukan hanya tempat mencari tempat nginap,tapi juga bisa mencari teman untuk di ajak jalan atau bahkan menjadi guide anda ketika anda mengunjungi suatu kota.


The world is smaller than you think. Happy couchsurfing and travel safe!

No comments:

Post a Comment